Kamis, 23 Maret 2017

Wisata Menarik Di daerah Tabanan

1. Wisata Tanah Lot Tample
Pura Tanah Lot merupakan ikon pariwisata pulau Bali. Selain itu salah satu obyek wisata terkenal di pulau Bali yang wajib dikunjungi. Karena saking terkenalnya tempat wisata di Bali ini, maka hampir setiap hari, objek wisata Tanah-Lot selalu ramai dengan kunjungan wisatawan.


Pura dibangun pada dua tempat yang berbeda. Satu pura terletak di atas bongkahan batu besar, dan satunya lagi terletak di atas tebing yang menjorok ke laut mirip dengan Pura Uluwatu. Tebing inilah yang menghubungkan pura dengan daratan. Serta bentuk tebing melengkung seperti jembatan.
Pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Kahyangan Jagat di Bali, ditujukan sebagai tempat memuja dewa penjaga laut. Pada saat air laut pasang, pura akan kelihatan dikelilingi air laut. Di bawahnya terdapat goa kecil yang didalamnya ada beberapa ular laut.

Ular Suci

Ular laut memiliki ciri-ciri, berekor pipih seperti ikan, berwarna hitam berbelang kuning. Menurut cerita, ular laut tersebut adalah jelmaan dari selendang perdiri pura.
Pendiri pura adalah seorang Brahmana dari Jawa yang mengembara ke Bali. Beliau bernama Dang Yang Nirartha. Konon ular suci Tanah Lot ditugaskan sebagai penjaga pura.

 
by wenda wikan

Disepanjang jalan menuju tempat wisata Tanah Lot, banyak terdapat penginapan. Mulai dari penginapan sederhana, hingga villa dan hotel berbintang. Tempat wisata di Bali ini, sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama pada sore hari, menjelang matahari terbenam.
Dari tempat parkir menuju areal pura, terdapat banyak toko yang menjual berbagai barang kerajinan khas Bali. Misalnya patung, lukisan, kain pantai, pernak – pernik, dan aksesoris seperti di pasar seni Sukawati Bali. Harganya pun relatif murah untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain itu terdapat pedagang makanan dan minuman, serta penyewaan kamar kecil.
Ada juga beberapa hotel yang dekat dengan pantai di sekitar tempat wisata Tanah Lot, yang mengelar berbagai acara di malam hari. Misalnya pertunjukan tari Kecak, sunset dinner, dan pesta pernikahan.
Daya tarik utama pura Tanah Lot Tabanan sebagai tempat wisata terletak pada.
  • Keunikan lokasi pura yang berada diatas batu karang besar. Pada saat air laut pasang, pura akan terlihat berada di tengah laut.
  • Keindahan pemandangan sunset dengan siluet pura. Jika anda saat liburan ke Bali dan suka melihat pemandangan sunset, lihat disini! Daftar tempat yang bagus untuk melihat sunset di Bali.
Tempat wisata ini, juga sering menjadi salah satu lokasi foto pre wedding di Bali. Bagi wisatawan yang memilih pulau Bali sebagai lokasi foto prewedding.
 

Daftar Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali Wisatawan Domestik

KategoriHarga Tiket Masuk
DewasaRp 20.000 / Orang
Anak - AnakRp 15.000 / Orang.
Parkir Motor Roda DuaRp 2.000 / 1 Motor.
Parkir Mobil Roda EmpatRp 5.000 / 1 Mobil.
Parkir BusRp 10.000 / 1 Bus.
Keterangan.
  • Harga di update tanggal 01 Januari 2017.
  • Perubahan harga tiket masuk Tanah Lot Bali dan biaya parkir kendaraan dapat terjadi sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Kami akan selalu berupaya mengupdate biaya tiket masuk objek liburan pura Tanah Lot, jika ada perubahan harga.
  • Harga tiket masuk hanya berlaku untuk warga negara Indonesia 
2. Kebun Raya Bedugul
Salah satu tempat wisata di Bedugul yang harus anda kunjungi adalah Bedugul Kebun Raya Bali. Terkadang objek wisata Kebun Raya Bali, karena lokasinya berada di Bedugul, maka sering disebut dengan nama Kebun Raya Bedugul atau Kebun Raya Eka Karya Tabanan.


Bedugul Kebun Raya Bali, salah satu hutan lindung di Bali, berfungsi sebagai paru – paru udara. Tempat wisata Bedugul Kebun Raya Bali, udaranya sangat sejuk dan sangat cocok untuk tempat piknik keluarga.
Bedugul Kebun Raya Bali, memiliki luas 157.5 hektar dan yang terluas di Indonesia. Bedugul Kebun Raya Bali, terletak pada ketinggian 1.240 meter dari permukaan laut, karena lokasinya berada di dataran tinggi membuat obyek wisata Kebun Raya Bali di Bedugul Tabanan selalu berhawa dingin dan berkabut.
Suhu udara di Kebun Raya Bedugul Tabanan, rata-rata 12 derajat celcius pada malam hari, sedangkan pada siang hari rata 20 derajat celcius. Ada beberapa spot menarik di Kebun Raya Bali di Bedugul Tabanan seperti:

Kebun Raya "Eka Karya" Bedugul Bali adalah sebuah tempat yang unik di pulau dewata yang merupakan kombinasi sebagai tempat penelitian tumbuh-tumbuhan, konservasi, pembelajaran sekaligus sebagai tempat rekreasi.
by wenda wikan

Disini kita bisa bersantai sambil menikmati keindahan dan kesegaran udara dari kawasan wisata kebun raya sekaligus kita dapat belajar kegunaan dari tumbuh-tumbuhan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari kita, selain bisa menikmati segarnya tumbuh-tumbuhan hutan hujan tropis (tropical rain forest) kita juga bisa menikmati keindahan dan kicauan burung-burung yang ada di sekitar kebun raya ini.

  • Candi Bentar.
  • Ramayana Boulevard.
  • Kumbakarna Laga Statue.
  • Roses Garden.
  • Lake Beratan View.
  • Usada Cafe.
  • Traditional Balinese house. 
Di bawah kepemimpinan Ir. Mustaid Siregar, M.Si (2001 - 2008) kebun raya diperluas lagi menjadi 157,5 hektar. Meskipun pada awal berdirinya ditujukan untuk konservasi tumbuhan konifer (gymnosperma), Kebun Raya Bedugul terletak di ketinggian 1250-1450 m di atas permukaan laut dengan suhu berkisar antara 18-20° C dan kelembaban 70-90% ini adalah berkembang menjadi konservasi pegunungan tanaman tropis Indonesia timur.

Status saat ini adalah Unit Pelaksana Teknis Botanical Garden Tanaman Balai Konservasi "Eka Karya" Bali (Keputusan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Nomor 1019/M/2002, 12 Juni 2002) dan Tujuan Zona Khusus sebagai Pendidikan dan Penelitian Hutan untuk peruntukan kebun raya "Eka Karya" Bali (Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 252 Indonesia/Kpts-II/2003, 28 Juli 2003). Dengan koleksi ribuan tanaman yang tidak hanya dari Indonesia, Kebun Raya "Eka Karya" Bali adalah tempat yang cocok untuk penelitian, pendidikan dan pariwisata.

Botanical Garden Bedugul terletak di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Jaraknya sekitar 62,6 km atau sekitar 1 jam 14 menit dari Bandara International Ngurah Rai. Serta memiliki jarak 40 km dari objek wisata Lovina di Singaraja Buleleng.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bedugul 2017

  • Rp 9.000 / orang.
  • Tiket parkir kendaraan roda dua Rp 3.000 / motor.
  • Tiket parkir mobil roda empat Rp 6.000 / mobil.
  • Biaya parkir bus, Rp 12.000 / 1 bus.
  • Serta tiket masuk mobil ke kawasan botanical garden Bedugul, Rp 12.000 / 1 mobil. 
3. Pura Ulun dengan Danau Beratan

Pura Ulun Danu Beratan terletak di kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, Indonesia. Pura ini terbuka untuk kunjungan wisatawan antara pukul 08.00 sampai 18.00 WIT. Namun, apabila area pura sedang berkabut, lokasi pura akan ditutup lebih cepat untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. 

Pura Ulun Danu Beratan berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Tabanan, atau sekitar 55 kilometer dari Kota Denpasar. Untuk menuju pura ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum, seperti taksi, bus pariwisata, maupun agen perjalanan menuju jalur Denpasar-Singaraja. Pura ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Buleleng, berada di pinggir jalan raya, tepatnya di tepi Danau Beratan.

Sebagai sebuah obyek wisata sejarah dan religi, Pura Ulun Danu Beratan telah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang, seperti lahan parkir, taman bermain untuk anak, serta toilet. Taman bermain tersebut menyediakan berbagai sarana permainan, seperti ayunan, kursi putar, dan jungkat-jungkit. Di dekat taman bermain terdapat restoran yang menyajikan aneka masakan. Restoran ini biasanya akan penuh oleh pengunjung pada saat jam makan siang.
Wisatawan yang ingin mengelilingi danau dengan menyewa perahu dikenakan biaya sebesar Rp25.000,00 untuk satu kali keliling, dengan waktu sekitar 20 menit. Sedangkan bagi Anda yang ingin memancing dapat menyewa peralatan pancing seharga Rp5.000,00, dengan waktu pemakaian sepuasnya. Di sekitar pura juga terdapat jasa melukis wajah cepat, hanya dalam waktu 15 menit, dengan harga Rp10.000,00 untuk tiap lukisan. Sekiranya wisatawan menginginkan membeli oleh-oleh, di utara areal pura terdapat pasar tradisional. Di pasar ini dijual berbagai hasil perkebunan, pertanian, kerajinan khas bali, serta hewan khas Bali, yakni anjing kintamani.

by wenda wikan
Lokasi Danau Beratan berada di Kawasan Bedugul, tepatnya di desa Candikuning, kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Dari Kota Denpasar jaraknya sekitar 55 km, dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan. Sangat mudah ditemukan, karena persis di sisi jalan raya antara Denpasar ke Gilimanuk jalur utara.Danau seluas 375,6 hektar ini berada diatas 

ketinggian sekitar  1240 m diatas permukaan laut.Karena posisinya yang ada didataran tinggi, suasana di kawasan ini cukup sejuk, bahkan jika sudah memasuki sore hari hawanya terasa dingin. Danau Beratan selain sebagai lokasi wisata, fungsi utamanya adalah sebagai sumber utama irigasi didaerah sekitar.

Harga Tiket
Pengunjung Pura Ulun Danu Beratan harus membayar tiket sebesar Rp7.500,00 untuk turis domestik dan Rp10.000,00 untuk turis asing.

4. Wisata Vihara Dharma Giri - Patung Buddha Tidur 
Di Desa Padangan Kecamatan Pupuan


Vihara atau Wihara adalah tempat suci peribadahan bagi umat yang beragama budha. Umumnya masyarakat mengetahui Vihara dari banyaknya patung-patung budha yang dibangun di tempat suci tersebut.
Di Bali khususnya di kabupaten tabanan, terdapat wihara megah bernama Vihara Dharma Giri dimana terdapat Patung Budha Tidur Di Bali yang dibangun begitu besar dan megah. Vihara ini berlokasi di Jalan Raya Pupuan, Tabanan, Bali.
Belum banyak orang yang tahu tempat vihara ini, karena memang tujuan utama vihara ini dibangun adalah sebagai tempat peribadahan bagi umat budha. Namun bagi anda yang ingin datang hanya untuk sekadar melihat-lihat vihara ini masih diperbolehkan, asalkan anda dapat menjaga ketenangan karena vihara adalah sebuah tempat suci dan tempat umat budha melaksanakan semedi.


Selain sebagai tempat peribadahan umat budha, vihara ini juga dapat anda kunjungi sebagai alternatif wisata jika anda berwisata ke bali khususnya di kabupaten tabanan. Dari pinggir jalan raya pupuan sudah dapat terlihat dengan jelas tulisan besar bertuliskan “Wihara Dharma Giri” yang merupakan pintu masuk dari vihara itu sendiri.
By devi kurniawati
Masuk kedalam vihara tidak dipungut biaya apapun, anda akan disapa oleh penjaga vihara yang nantinya akan memberikan sedikit arahan ketika anda memasuki area vihara tersebut. Dilarang menggunakan celana pendek untuk memasuki area vihara, dan sebaiknya anda sudah mengenakan celana panjang dari rumah. Namun bagaimana jika anda lupa mengenakan celana panjang? tenang saja, disana sudah disediakan kain (kamen) yang nantinya diikatkan di pinggang layaknya rok panjang sampai ke kaki.

Patung budha tidur di Bali terletak di samping kiri dari bangunan utama. Patung budha ini berukuran sangat besar dan megah berwarna putih cerah. Di hadapan patung ini terdapat area luas yang biasanya digunakan tempat duduk bagi umat budha. Di belakang patung ini terdapat hamparan hutan yang luas dan masih terjaga kealamiannya.
By wenda devi

Patung Budha Tidur Di Bali inilah yang menjadi daya tarik utama para wisatawan berkunjung ke vihara ini. Anda akan dibuat cukup terkagum-kagum melihat patung budha berukuran sangat besar dan indah ini. Tak jarang para pengunjung mengabadikan moment tersebut dalam sebuah foto dari kamera yang telah mereka bawa. Anda tidak punya kamera? siapkan dari rumah atau gunakan kamera HP.

Di sebelah kiri dari bangunan utama, terdapat taman kecil nan asri dan terjaga kebersihannya. Juga terdapat balai kecil yang didalamnya terdapat lonceng berukuran besar dilengkapi dengan palu pemukul lonceng tersebut.

Harga Tiket Gratis
Silahkan Gan ... yang mau berkunjung

5. Sawah Nan Indah Dan Menarik Di Jatiluwih 

Jatiluwih adalah desa sejuk dan aman yang berada di kaki gunung Batukaru yang terletak disekitar Kecamatan Penebel. Jika anda hendak pergi ke Jatiluwih melalui Tabanan, maka akan memakan waktu kurang lebih sekitar 30 menit perjalanan. 

Desa Jatiluwih menyuguhkan berbagai panorama dan pemandanagan rice terrace yang dimana sawahnya yang berundag- undag, serta memiliki hawa dan suasana yang sejuk. Tercatat Desa Jatiluwih berada di ketinggian 700 m diatas permukaan laut.  Hebatnya Desa Jatuluwih adalah desa yang dinobatkan sebagai warisan dunia oleh salah satu organisasi yang dibawahi oleh PBB, UNESCO.

atiluwih termasuk didalam kawasan Lanskap Subak dari Catur Angga Batukaru yang merupakan salah satu dari 5 kawasan di Bali yang ditetapkan oleh UNESCO menjadi warisan budaya dunia. Secara sosio-kultural manajemen organisasi subak Desa Jatiluwih adalah berdasarkan prinsip dari filsafat Tri Hita Karana yang bertujuan agar tercapai dan terbinanya keselarasan dan keharmonisan antara warga subak dengan sesamanya, warga subak dengan lingkungan/alam, dan warga subak dengan Sang Pencipta/Tuhan sebagai unsur parahyangan.

Pengolahan Sawah & Aktifitas Petani

Jatiluwih sangat terkenal dengan sawah terasering nya dengan sistem irigasi yang bagus yang dikelola oleh anggota subak, terlepas dengan filsafat Tri Hita Karana yang menjadi landasan oleh petani di Jatiluwih maka dalam hal pengolahan lahan sawah pun didasari oleh filsafat tersebut, dalam hal ini adalah hubungannya dengan sang pencipta dengan melakukan beberapa upacara yang merupakan bagian dari aktifitas petani seperti; mengolah sawah, menanam padi, memanen, dan sebagainya, sesuai dengan budaya dan agama Hindu yang dipeluk oleh sebagian besar Petani di Jatiluwih. Adapun upacara yang dilakukan adalah:
  1. Mapag Toya, yaitu upacara mengambil/menjemput air ke sumber mata air. Upacara ini diikuti oleh semua anggota subak dan dilakukan pada Sasih Ketiga atau sekitar bulan September. Kegiatan ini disebut Kempelan yaitu kegiatan membuka saluran air ke sumber aliran air di hulu subak, selanjutnya air akan mengaliri sawah.
  2. Ngendag Tanah Carik, yaitu upacara memohon keselamatan kepada Tuhan pada saat membajak tanah sawah yang dilakukan oleh masing-masing anggota subak prosesi ini masih pada Sasih Ketiga (bulan September).
  3. Ngurit, yaitu upacara pembibitan yang dilakukan oleh seluruh anggota subak pada masing-masing tanah garapannya. Ngurit dilaksanakan pada Sasih Kelima (sekitar bulan Nopember).
  4. Ngerasakin, yaitu upacara membersihkan kotoran (leteh) yang tertinggal ketika melakukan pembajakan sawah, upacara ini dilakukan setelah pembajakan selesai pada masing-masing tanah garapan pada awal Sasih Kepitu (awal bulan Januari).
  5. Pangawiwit (Nuwasen), yaitu upacara untuk mencari hari baik untuk memulai menanam padi yang dilakukan pada sekitar Sasih Kepitu (awal bulan Januari).
  6. Ngekambuhin, yaitu upacara untuk meminta keselamatan kepada Tuhan bagi anak padi yang baru tumbuh yang dilakukan pada saat padi berumur 42 hari pada sekitar Sasih Kewulu (bulan Pebruari).
  7. Pamungkah, yaitu upacara memohon keselamatan agar tanaman padi dapat tumbuh dengan baik. Upacara ini dilakukan pada Sasih Kawulu (bulan Pebruari).
  8. Penyepian, yaitu upacara memohon keselamatan agar tanaman padi terhindar dari hama/penyakit dan dilakukan pada Sasih Kesanga (sekitar bulan Maret).
  9. Pengerestitian Nyegara Gunung, yaitu melaksanakan upacara nyegara gunung yang dilakukan di Pura Luhur Petali dan Pura Luhur Pekendungan (bulan Maret/April).
  10. Mesaba, yaitu upacara sebelum panen yang dilakukan pada Sasih Kedasa (bulan April) oleh anggota subak pada sawah nya masing-masing.
  11. Ngadegang Bhatari Sri (Bhatara Nini), yaitu upacara secara simbolis memvisualisasikan Beliau sebagai Lingga-Yoni.
  12. Upacara Nganyarin, yaitu upacara mulai panen yang dilaksanakan pada Sasih Sada (bulan Juni) oleh anggota subak pada masing-masing sawahnya.
  13. Manyi, yaitu kegiatan memanen padi (bulan Juli).
  14. Mantenin, yaitu upacara menaikkan padi ke lumbung atau upacara menyimpan padi di lumbung yang dilaksanakan pada Sasih Karo (bulan Agustus).
 Jati luwih tak hanya memanjakan keindahan alam setiap mata yang memandang. Namun juga menghadirkan keindahan sungai sebagai objek wisata bgi anda pecinta rafting atau arungjeram. Sebuah sungai sudah dibendung yang siap bagi anda yang hendak menjelajahin sungai samapai ke tempat rafting dengan menggunakan ban karet  kemudian menggunakan perahu karet dengan seorang pemandu mengikuti derasnya aliran sungai  sambil melihat panorama alam yang menabjupkan.

 Menyantap masakan yang sedap sudahlah menjadi hal yang biasa bagi kita, namun bagaimana jika ditambah dengan suasana yang sangat indah, akan sangat menarik tentunya. 

Anda dapat merasakan nikmatinya makanan lezat dengan panorama alam terindah hanya di Cafe Jatiluwih Bali. Panorama yang dihadiran disini akan memukau mata anda, dengan pemandangan sawah yang berundak-undah dan hijaunya pepohonan yang sejuk dipandang mata dari objek wisata Jatiluwih di Bali. Suasana hijaunya alam pegunungan di Jatiluwih akan semakin membuat anda menikmati segarnya udara yang berhembus disini. Jika anda berwisata ke daerah Jatiluwih, Café Jatiluwih ini adalah pilihan yang paling tepat. Letaknya yang sangat strategis akan membuat liburan anda bersama keluarga semakin menyenangkan.

5. Taman Kupu - Kupu Br. Sandan Lebah, Desa Wanasari, Kecamatan Penebel

Taman kupu-kupu adalah wisata tempat populer di Kabupaten Tabanan. Taman Kupu Kupu yang berada di jalan  Br. Sandan Lebah, Desa Wanasari, Kecamatan Penebel. Desinasi wisata di Tabanan tersebut tercatat dibangun pada tahun 1996 tersebut.

Tak jarang banyak penggemar kupu-kupu yang sedang menikmati berbagai keindahan dari bulu-bulu cantik. Arena tempat wisata di Tabanan tersebut, bias anda jadikan sebagai objek utama untuk tempat pemotretan untuk Anda yang menyukai dunia fotografi.




Berkunjung ke Taman Kupu-kupu Tabanan Bali ini, bisa menjadi tempat edukasi bagi anak-anak, serta bisa menambah pengalaman wisata, liburan bersama keluarga terutama dengan anak-anak, selain bermain ke pantai seperti pantai Kuta maupun Tanjung Benoa, maka agenda tour di Bali anda berikutnya adalah Taman Kupu-kupu Tabanan Bali. 



Saat memasuki Taman Kupu-kupu Tabanan, anda disambut dengan taman indah dengan dipenuhi oleh kupu-kupu yang berterbangan dan bertengger di sejumlah bunga yang mekar pada taman tersebut. Anda bisa dengan leluasa dan bebas menyaksikan keragaman serangga yang tergolong dalam ordo Lepidoptera atau serangga bersisik dengan sayap-sayap indah. Selain kupu-kupu  anda bisa menyaksikan koleksi hewan lainnya seperti kalajengking, kumbang macan, tarantula, belalang daun dan banyak lagi lainnya.
Aneka warna-warni taman bunga dan kupu-kupu menghiasi tempat ini, salah satu yang terkenal adalah Kupu Kupu Sayap Burung Sorga atau dalam bahasa latinnya Omithoptera Paradisea, jenis tersebut ditangkar di Bali Butterfly Park, anda bisa menyaksikan proses pengembangbiakan mulai dari ulat, kepompong sampai menjadi kupu-kupu dewasa, sehingga selain anda wisata juga sebagai pengetahuan ilmiah untuk keperluan pendidikan saat ini maupun pada masa mendatang.
Berphoto dengan kupu-kupu

Selain anda bisa menyaksikan berbagai hewan penghuni dari Taman Kupu-kupu Tabanan, anda bisa bnerada lebih dekat dengan hewan cantik tersebut, bisa menyentuhnya dan bahkan berphoto dengan kupu-kupu, membiarkan mereka hinggap di kepala ataupun di tangan anda, anda bisa juga meminta informasi tetang beragam junis kupu-kupu yang ada di Bali Butterfly Park, petugas setempat akan dengan senang hati memberikan informasi bagi anda.

Setelah puas berkeliling Taman Kupu-kupu, selanjutnya anda bisa menuju museum di areal Bali Butterfly Park, museum tersebut memiliki bermagai macam jenis kupu-kupu, kumbang dan kalajengking yang sudah diawetkan tersusun dan tertata rapi, berbagai jenis souvenier untuk kebutuhan oleh-oleh juga tersedia seperti berupa gantungan kunci, sayap kupu-kupu, bingkai dan lukisan. Setelah puas anda ke luar melalui restaurant, yang siap menyuguhkan sajian bersantap di kawasan ini.

6. Taman Makam Pahlawan Margarana

Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana atau Taman Pahlawan Margarana terletak di Di Desa Kelaci Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan – Bali, berjarak sekitar 35 km dari Kuta, dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Atau jika anda dalam perjalan ke Bedugul, anda bisa mampir ke monumen ini terlebih dahulu. 

Monumen ini dibangun pada tahun 1954, delapan tahun setelah peristiwa heroik Puputan Margarana. Diresmikan oleh pemerintah pusat sebagai Taman pahlawan Pujaan Bangsa memiliki luas areal mencapai 25 hektar, menampung 1.342 nisan pahlawan perang kemerdekaan Indonesia di Bali.  Monumen ini merupakan saksi bisu terjadinya pertempuran Puputan Margarana 20 November 1946.
Dibangun dengan konsep Tri Mandala yakni hulu, tengah dan hilir. Ketika anda memasuki taman ini, anda akan melihat prasasti yang berisikan nama-nama pahlawan yang dimakamkan di Taman Margarana ini. Mereka adalah pahlawan nasional dibawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai dalam perang puputan Margarana.
Memasuki bagian depan (hilir), terdapat pelataran upacara, dan dua balai peristirahatan untuk para pengunjung yang ingin bersantai. Di pelatarannya kita juga akan melihat Patung Panca Bakti yang menggambarkan persatuan dan kesatuan seluruh rakyat dalam perjuangan kemerdekaan. Bagian ini disebut Taman Karya Alam.

Memasuki bagian tengah, anda akan melihat Candi atau Tugu Pahlawan Margarana berdiri megah setinggi 17 meter, dengan atap tumpang (bertingkat) 8, serta pondasi persegi 5 yang melambangkan proklamasi RI 17 Agustus 1945.
Pada tcandi ini juga terpahat secara berangkai isi surat jawaban I Gusti Ngurah Rai kepada Belanda. Surat tersebut menggambarkan kebesaran jiwa perjuangan dan patriotisme bangsa Indonesia yang menolak tunduk kepada  NICA.


Dibagian hulu atau utara dan timur laut areal taman pujaan bangsa margarana ini terdapat Taman Bahagia. Pada bagian inilah anda akan menemukan ribuan tugu kecil (seperti nisan) yang merupakan simbol pahlawan-pahlawan yang gugur dalam puputan ini. Didalamnya termasuk pula sebuah nisan untuk pahlawan tidak dikenal.
Pada areal Taman pujaan bangsa Margarana juga terdapat bangunan Gedung Sejarah. Gedung ini terletak di sebelah Timur Candi Pahlawan Margarana. Gedung ini menyimpan sejumlah benda-benda peninggalan perjuangan kala itu. Seperti senjata hasil rampasan dari tentara NICA, alat komunikasi, alat-alat penyamaran, alat-alat medis, dll. Selamat berkunjung ke Taman Pujaan Bangsa Margarana ini, semoga selalu menjadi simbol patriotisme serta nasionalisme bangsa Indonesia

7. Air Panas Penatahan

Air Panas Penatahan
Air Panas Penatahan
Lokasi dari air panas Penatahan saya jelaskan terlebih dahulu, karena setiap orang yang ingin mengunjungi tempat wisata, selalu memperhitungkan akan lokasi objek wisata yang ingin dikunjungi, apakah jauh dari tempat menginap atau apakah ada tempat wisata yang yang lain di areal tempat wisata yang dituju.
Pemandian air panas Penatahan lokasinya berada di tepi sungai Yeh Ho, berada di sebuah desa bernama Penatahan, berada dalam kawasan kecamatan Penebel, kabupaten Tabanan. Dikalangan orang lokal, pemandian air panas ini lebih familiar dengan sebutan pemandian Yeh Panes.
Selain terkenal akan objek wisata pemandian air panas, kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan juga terkenal akan tempat wisata Taman Kupu-Kupu.
Sangat mudah mencari lokasi dari pemandian ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort, karena ada banyak petunjuk jalan untuk menuju lokasi. Apalagi saat ini sudah dimudahkan dengan adanya GPS pada gadget kesayangan pembaca.

Ada banyak tempat wisata terkenal di Bali yang masuk dalam wilayah kabupaten Tabanan, seperti danau Beratan Bedugul, Kebun Raya Bedugul dan tempat wisata pura Tanah Lot.
Jika pembaca berangkat dari tempat wisata danau Beratan Bedugul, untuk menuju lokasi dari pemandian air panas Penatahan akan menempuh jarak sekitar, 38 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 10 menit.
Sebagian besar wisatawan domestik, setelah mengunjungi tempat wisata Bedugul Bali akan melanjutkan rute tour di Bali dengan mengunjungi pemandian air panas Penatahan, setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi pura Tanah Lot Bali.
Cara terbaik untuk menuju lokasi adalah dengan menggunakan jasa rental mobil dengan sopir di Bali, jika pembaca takut tersesat yang berujung waktu liburan banyak habis di jalan.

Daya Tarik & Fasilitas

Kolam Umum Utama ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort
Jika pemandian air panas di Toya Bungkah Kintamani Bali memiliki pemandangan tepi danau, maka pemandian air panas Penatahan memiliki daya tarik pemandangan sawah dan hutan yang masih asri. Udara di sekitar pemandian air panas Penatahan sangat sejuk karena berlokasi diarea pegunungan.
Sumber air panas berasal dari sebuah pura yang berada di areal pemandian air panas dan nama puranya Pura Yeh Panes.
Keunikan dari pemandian air panas Penatahan Penebel Tabanan, selain memiliki pemandangan sawah dan pepohonan rindang, desain dari pemandian ini juga sangat unik karena memiliki konsep seperti SPA dengan kolam private.
Terdapat 8 kolam private, empat kolam di bagian atas dan empat kolam dibagian bawah.
Untuk setiap kolam private, tersedia sebuah meja yang dapat digunakan untuk menaruh barang. Di sudut kolam private terdapat pancuran air panas. Untuk 4 kolam private air panas yang ada di bagian bawah, tedapat tembok penyekat dan tanpa adanya atap. Sedangkan 4 kolam private di bagian atas dikelilingi dengan dinding bambu.
Untuk menuju ke kolam pemandian umum, pengunjung akan melewati jalan setapak yang tertata rapi dengan pinggiran kebun hijau.
Jalan Setapak

Tiga Jenis Kolam

Terdapat 3 kolam umum di ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort,
  • Kolam pertama lokasinya paling dekat dengan pinggir sungai. Ukurannya paling terkecil dengan suhu air dingin dan dikelilingi batu besar. Kolam ini lebih disukai pengunjung jika ingin berendam sambil melihat pemandangan sungai.
  • Kolam kedua, ukurannya lebih besar dari kolam pertama dan suhu air panas. Terdapat pancuran bambu di kolam kedua dengan suhu air sekitar 38 – 40 derajat celcius.
  • Kolam ketiga adalah kolam yang lokasinya paling teratas dan memiliki luas terbesar dari semua kolam dengan suhu air cukup hangat. Kedalaman kolam sekitar 1 meter dan lebih sering dipergunakan oleh anak-anak.
Bagaimana dengan anak-anak, apakah tersedia kolam untuk anak-anak? Jika pembaca berlibur ke pemandian air panas di kabupaten Tabanan ini bersama anak-anak, seperti layaknya pemandian air panas di Bali yang lain, kolam ketiga di ESPA Yeh Panes Natural Hot Spring Resort di peruntukan untuk anak-anak.
Hampir sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke objek wisata pemandian Yeh Panes, setelah berendam sekitar 30 menit, rasa lapar pasti akan datang. Jika anda tidak membawa bekal makanan, anda dapat membeli makanan di salah satu restoran yang terdapat di depan lokasi pemandian Yeh Panes.

Sekian Artikel Dari Wisata Alam Tabanan Semoga Bermanfaat bagi Anda TRimsss....
Silahkan Kunjungi juga Artikel Lainnya di bawah ini :

Info Perikanan

Info Smartphone Terbaru

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar