Rabu, 23 November 2016

Kuliner Khas Bali



      1.      Ayam Betutu

      
      Makanan khas bali yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat luar biasa dan cukup populer di Bali bahkan populer di seluruh indonesia. Makanan khas bali yang satu ini populer dengan nama Ayam Betutu, tentu jika anda kebetulan sedang berada di Pulau Bali rasanya wajib untuk anda mencicipi Ayam Betutu ini. Masakan khas bali ini merupakan makanan pedas yang sangat khas rasa bumbu rempahnya.
Tentu rasa pedas gurih yang anda dapatkan dari Ayam Betutu ini bisa membuat lidah anda keenakan. Pasalnya bumbu tersebut langsung di masukkan ke dalam bagian perut ayam kampung yang tentu saja hal ini membuat bumbu yang ada meresap langsung ke dalam daging ayam kampung tersebut. Kemudian daging tersebut di pangang saat di bungkus dengan daun pisang yang tentu cara memasak yang sangat unik bukan?


     2.      Rujak Bulung 


Makanan khas bali paling enak yang akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Rujak Bulung  dan Rujak Kuah Pindang yang tentu saja merupakan makanan dari Bali yang berupa rujak yang di bumbui dengan kuah tuna yang lezat. Saat anda sedang menikmati makanan Rujak Bulung  dan Rujak Kuah Pindang ini sensasi segar dan juga sensasi pedas bisa anda dapatkan dalam setiap gigitan dari makanan khas bali ini.
Dalam Rujak Bulung  dan Rujak Kuah Pindang ini terdapat irisan mangga, cabai pedas dan kuah pindang. Akan tetapi juga banyak di temui beberapa isian yang ada dengan berbagai jenis buah atau ada juga yang menggunakan rumput laut. Tentu Rujak Bulung yang kita maksud di sini adalah makanan berupa rujak rumput laut yang di dalamnya di campurkan dengan bumbu kuah pindang yang sangat sedap

     3.      Lawar Kuwir


Makanan khas bali yang tidak kalah enak dengan masakan bali yang lainnya adalah sebuah makanan yang populer atau terkenal dengan nama Lawar Kuwir. Makanan yang satu ini adalah sebuah makanan campuran antara daging cincang dengan berbagai sayuran, kemudian di balut dengan bumbu rempah khas Pulau Bali yang enak. Beberapa daging yang biasanya di gunakan untuk membuat Lawar Kuwir ini adalah daging babi atau bebek.
Makanan yang satu ini merupakan makanan favorit bagi masyarakat Bali, sehingga makanan Lawar Kuwir ini sangat populer di sana. Daging yang di cincang kemdian di campur dengan sayuran seperti kacang panjang, kemudian di campur dengan bumbu dan parutan kelapa. Lawar Kuwir ini biasanya di sikat dengan nasi putih yang masih hangat, yang tentu akan membuat perut kelaparan anda merasa di manjakan.

     4.      Babi Guling


Makanan khas bali yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang cukup unik yakni Babi Guling. Makanan khas bali yang satu ini merupakan makanan yang sepertinya di idolakan oleh para wisatawan asing yang datang ke Pulau Bali, tentu setiap orang mempunyai penilaian tersendiri untuk makanan khas bali yang satu ini, pasalnya daging yang di gunakan dalam makanan khas bali ini adalah daging babi.
Dengan menggunakan daging babi, tentu tidak semua orang makan daging untuk jenis ini. Akan tetapi bagi orang yang suka dengan daging babi akan merasa di goyang lidahnya secara maksimal dengan makanan khas bali Babi Guling ini. Dari warnanya yang kecoklatan membuat daging ini sangat menarik, pastinya tidak lupa bumbu khas bali yang di balutkan ke Babi Guling ini yang membuat Babi Guling ini semakin lezat.

    5.      Sate Lilit



Makanan khas bali paling enak dan paling populer yang selanjutnya adalah sebuah makanan yang bernama Sate Lilit. Makanan yang satu ini merupakan salah satu jenis sate yang tidak sama dengan jenis sate pada umumnya, Sate Lilit ini di buat dengan cara di lilit. Cara pembuatannya adalah dengan mencincang daging yang akan di buat menjadi sate, kemudian di campur dengan bumbu rempah khas bali yang lezat.
Dengan menggunakan batang daun serai kemudian daging yang di cincang tadi lilitkan, tentu saja memang pada dasarnya kan dagingnya sudah di cincang jadi di jamin Sate Lilit ini sangat empuk. Beberapa daging yang biasanya di gunakan untuk membuat Sate Lilit ini adalah daging babi, daging ayam atau ikan tenggiri. Akan tetapi hingga saat ini Sate Lilit yang menggunakan ikan tenggiri yang menjadi favorit.

      6.      Serombotan


Makanan khas bali yang selanjutnya merupakan makanan yang cukup populer dari bali yang bernama Serombotan. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran yang di olah sedemikian rupa menjadi makanan yang enak. Beberapa bahan sayuran yang sepertinya akan anda temui di makanan khas bali bernama Serombotan ini adalah seperti kangkung, bayam, kacang panjang, pare, tauge dan terong bulat.
Selain enak makanan khas bali yang bernama Serombotan ini juga sangat men yehatkan, pasalnya semua bahannya berasal dari sayuran. Untuk bumbu dari Serombotan di kenal dengan sebuah nama yakni Kalas yang mana bumbu dari Serombotan ini terbuat dari campuran lengkuas, kunyit, bawang putih, bawang merah, kencur dan ketumbar. Tidak lupa santan juga terdapat di Serombotan ini, jika anda suka pedas anda bisa tambahkan bumbu kacang pedas.

      7.      Jaja Wajik


Makanan khas bali yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang tentu sudah tidak asing lagi bagi anda yang berada di Pulau Bali. Makanan yang satu ini populer dengan nama Jaja Wajik yang biasanya di jadikan oleh-oleh jika anda sedang berada di Bali. Meskipun makanan khas bali yang termasuk salah satu makanan tradisional bali ini, akan tetapi makanan Jaja Wajik ini hingga saat ini masih di minati olah banyak orang.
Bahkan saking populernya makanan khas bali ini dengan mudah bisa anda temukan di toko-toko yang ada di Pulau Bali sana. Mempunyai rasa yang legit manisnya membuat jajanan bali ini di minati banyak orang. Jika di bali saat ada acara pernikahan, tentu makanan khas bali Jaja Wajik ini selalu hadir di tengah-tengan makanan yang lainnya. Tentu jangan sampai melewatkan makanan atau camilan bali ini jika anda datang ke Pulau Bali.

      8.      Jaja Bendu


Makanan khas bali paling populer yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang bernama Jaja Bendu. Merupakan salah satu makanan khas bali yang berasal dari Jembrana Bali yang sudah sangat populer di para pencinta makanan di kawasan bali. Sama seperti makanan jaja wajik, makanan Jaja Bendu ini juga termasuk makanan yang tradisional akan tetapi hingga saat ini masih banyak orang yang tertarik dengan makanan khas bali yang satu ini.
Makanan atau kue sederhana dari bali yang satu ini mempunyai bahan-bahan yang sederhana pula, oleh karena itu bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri, rasanya sangat mudah. Di mana makanan khas bali ini di buat dari tepung ketan yang di dalamnya di isi dengan gula bali dan parutan kelapa, kemudian setelah itu di bungkus dengan menggunakan daun pisang. Kue ini sangat mudah di temukan di bali, jadi segera coba makanan khas bali yang satu ini.

      9.      Godoh Gedang


Makanan khas bali paling populer dan tentu sangat enak yang berikutnya akan kita bahas adalah Godoh Gedang yang sangat lezat. Tentu dari namanya, makanan khas bali ini sudah bisa di tebak kira-kira bahan utamanya apa? Yakni pisang. Sebenarnya makanan khas bali yang bernama Godoh Gedang ini merupakan pisang goreng yang di nikmati dengan krim segar atau bisa juga dengan gula kayu manis yang enak.
Tentu pisang goreng khas bali yang satu ini sangat berbeda dengan pisang goreng yang ada di jawa. Biasanya makanan khas bali yang satu ini biasanya di jadikan sebagai makanan ringan yang umum di bali. Konon katanya makanan bernama Godoh Gedang ini sudah di perkenalkan oleh Portugis sejak abad ke 16 yang lalu. Tentu merupakan makanan khas bali yang sudah lama sekali hadir di masyarakat bali dan biasana pisang yang di gunakan adalah pisang belur.

Demikian Artikel Dari Kuliner Khas Bali Semoga Bermanfaat .....TRims... ^-^

Kunjungi Juga  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar